9 Langkah Memulai Bisnis Coffe shop Dengan Modal Minim

Anda bisa membangun bisnis kopi yang sukses. Metode langkah demi langkah untuk membuka Coffe shop dengan minim modal dapat Anda pelajari berikut ini
Hencents.com - Bisnis Coffe shop telah mengalami ekspansi yang tajam selama sepuluh tahun terakhir. Coffe shop sebenarnya digunakan sebagai tempat ketiga untuk melepas lelah selain rumah dan pekerjaan. Salah satu cara terbaik untuk mengubah kecintaan Anda pada kopi menjadi bisnis yang sukses adalah dengan membuka Coffe shop.

Meskipun mengelola Coffe shop tampak sederhana, namun nyatanya tidak demikian. Industri Coffe shop sebanding dengan industri restoran. Untuk berhasil, Anda harus mengerahkan banyak upaya dan perencanaan inovatif di dalamnya. Terutama saat Anda memulai dengan anggaran yang ketat.

bisnis-coffe-shop

9 Langkah Memulai Bisnis Coffe shop Dengan Modal Minim

Jika Anda mau bekerja keras, Anda bisa membangun bisnis kopi yang sukses.  
Metode langkah demi langkah untuk membuka Coffe shop dengan minim modal dapat Anda pelajari berikut ini:

1. Melakukan Riset

Dalam melakukan riset pasar, Anda harus lebih memahami kebutuhan pasar lokal, kumpulkan informasi sebanyak mungkin.  Mendapatkan daya tarik sangat penting dalam industri seperti Coffe shop.

Selain itu, Anda akan memerlukan pemahaman yang kuat tentang cara menarik pelanggan, serta strategi untuk membuat mereka kembali dan merekomendasikan Coffe shop Anda kepada teman-teman mereka.

2. Tulis Rencana Bisnis Coffe Shop

Membuat strategi bisnis adalah langkah pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan. Coffe shop adalah bisnis dengan transaksi rendah dan volume tinggi. Perlu diingat bahwa dalam membuat rencana yang tepat akan membantu kesuksesan bisnis Anda. Jelaskan rencana pemasaran Anda dan bagaimana Anda berencana untuk bersaing dengan Coffe shop lain di area sekitar.

3. Tentukan Nama Coffe shop Anda

Satu hal yang pasti, jika Anda mencari secara online atau di sekitar Anda, Anda akan menemukan bahwa setiap Coffe shop yang sukses memiliki nama yang menarik.  Nama Coffe shop Anda harus mudah diingat dan khas.

4. Lokasi Coffe shop

Bisnis kopi Anda harus terletak di area yang mudah dijangkau, demografi lingkungan sangat penting saat memilih lokasi Coffe shop. Anda harus menyadari bahwa Coffe shop adalah tujuan bisnis yang mengandalkan pembelian impulsif.

5. Pastikan Coffe Shop Mematuhi Hukum

Bergantung pada sumber daya dan skala bisnis Anda, pilih struktur bisnis yang ideal.  Disarankan untuk mendapatkan bantuan dari individu yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan tentang bisnis tersebut. Anda harus mengajukan aplikasi dan mendapatkan lisensi serta izin tertentu untuk menjalankan Coffe shop. Untuk mengetahui jenis izin seperti apa yang diperlukan untuk Coffe shop yang Anda tekuni, maka Anda dapat menghubungi otoritas perizinan setempat.

6. Tentukan Biaya Awal Coffe Shop

uang-rupiah

Strategi dan ukuran bisnis akan berdampak signifikan terhadap biaya pembukaan Coffe shop. Jumlah investasi awal akan tergantung pada sejumlah faktor. Berikut ini beberapa di antaranya:
  •  Jenis warung kopi
  •  Makanan yang Anda sediakan
  •  Peralatan apa yang Anda beli
  •  Biaya ruang toko
  •  Harga setup dan interior
  •  Biaya tenaga kerja
  •  Biaya terkait hukum
  •  Biaya pemasaran dan periklanan

7. Mendirikan Coffe Shop

Sebelum konstruksi, denah lantai harus dibuat, maka Anda dapat konsultasikan dengan ahli desain interior. Anda harus memikirkan dimana harus meletakkan meja, mesin kasir, wastafel, dan tempat penyimpanan. Pastikan ruang kerja barista ditata sedemikian rupa agar tidak menghambat aktifitas dengan karyawan lain saat menyelesaikan pembuatan kopi.

Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang ramah dengan tema yang khas. Perhatikan baik-baik lingkungan di dalam dan rawat dengan baik. Dalam industri Coffe shop, pengaturan tempat duduk yang nyaman dengan dekorasi terkini, musik, dan konektivitas WiFi cukup penting. Fokus pada pemeliharaan pembukuan dan prosedur bisnis.

8. Kembangkan Produk Relevan

Selain kopi yang Anda rencanakan untuk dijual, sangat penting untuk memilih barang yang tepat. Anda harus mengiklankan berbagai barang dari bisnis kopi Anda.  Umumnya, Anda dapat menyimpan makanan seperti burger, minuman berenergi, es krim, kue, biskuit, dan muffin.

Meliputi kategori yang relevan sangat disarankan, karena Coffe shop yang menghasilkan 40% dari penjualan mingguannya hanya dari kopi, 60% lebih banyak berasal dari produk non-kopi. Pilih rasa, porsi, dan kategori makanan yang akan Anda jual di Coffe shop Anda.

Ingatlah bahwa setiap item yang Anda tambahkan ke daftar menu memerlukan beberapa tugas administrasi tambahan. Tetapkan harga dan selalu perhatikan kualitas makanan saat menyajikannya.

9. Mempekerjakan Pekerja

kasir-coffe-shop

Berfokus untuk menyelesaikan vendor saat Anda sedang membangun Coffe shop kecil.  Sangat penting untuk menemukan produk yang bagus dengan harga yang wajar. Pilih sumber atau vendor yang dapat dipercaya untuk memastikan pengiriman yang baik.

Sektor Coffe shop sangat bergantung pada orang, sama seperti industri jasa ritel lainnya. Pekerjakan pekerja terampil dengan keahlian dan sikap yang menyenangkan.  Pertahankan akuntan pada staf yang paham dengan sistem bisnis Coffe shop Anda.

Peralatan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Coffe Shop?

Daftar peralatan untuk bisnis kopi Anda akan sangat dipengaruhi oleh jenis Coffe shop yang akan Anda jalankan. Berikut ini adalah daftar beberapa alat penting yang Anda perlukan untuk membuka bisnis kopi.
  •  Pembuat espreso
  •  Pembuat kopi yang menetes
  •  Blender untuk susu, air dan kopi
  •  Pemanggang Roti dan Oven
  •  Freezer dan kulkas
  •  Rak atau Penyimpanan
Memulai Coffe shop dari awal itu cukup sulit. Satu-satunya hal yang benar-benar akan mendorong bisnis ini menuju kesuksesan adalah keinginan dan kecintaan yang tulus terhadap kopi itu sendiri.

Post a Comment